Senin, 24 Oktober 2016

kenali tanda dan gejala kanker pankreas

kenali tanda dan gejala kanker pankreas,- Kanker pankreas adalah penyebab keempat kematian kanker di Kanada dan kebanyakan orang yang mengembangkan kanker pankreas melakukannya tanpa faktor risiko predisposisi. Mungkin faktor risiko terbesar adalah bertambahnya usia; biasanya mempengaruhi orang yang lebih tua dari 50. Hal ini juga dapat muncul pada orang muda, khususnya individu dengan riwayat keluarga penyakit. 

Karena pankreas terletak jauh di dalam perut di depan tulang belakang, kanker pankreas sering tumbuh diam-diam selama berbulan-bulan sebelum ditemukan. Gejala awal bisa tidak ada atau sangat halus. Lebih mudah gejala diidentifikasi mengembangkan sekali tumor tumbuh cukup besar untuk menekan struktur lain di dekatnya seperti saraf (yang menyebabkan rasa sakit), usus (yang mempengaruhi nafsu makan dan menyebabkan mual bersama dengan penurunan berat badan), atau saluran empedu (yang menyebabkan sakit kuning atau menguningnya kulit dan dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan dan gatal-gatal).

Ada dua jenis sel di pankreas; di kepala pankreas adalah sel eksokrin dan di ekor pankreas adalah sel endokrin. Sel-sel ini juga memiliki fungsi yang berbeda; Sel-sel eksokrin menghasilkan enzim pencernaan dan sel endokrin menghasilkan hormon, insulin dan glukagon. Kebanyakan kanker pankreas (95%) dimulai di saluran yang membawa jus pankreas, jenis ini disebut kanker pankreas eksokrin atau adenokarsinoma. Apalagi sering (5%), kanker pankreas dimulai di sel-sel yang memproduksi hormon, jenis ini disebut neuroendokrin atau kanker sel islet; tumor ini mungkin jinak atau ganas dan cenderung tumbuh lebih lambat dari tumor eksokrin.   

Tanda dan gejala

Kanker pankreas kadang-kadang disebut "silent disease" karena kanker pankreas dini sering tidak menimbulkan gejala hingga penyakit baik maju dan telah metastasis (menyebar) ke organ sekitarnya.

Tanda-tanda awal kanker pankreas sering begitu jelas dan ringan yang mereka diabaikan. Gejala awal yang paling umum biasanya meliputi hilangnya nafsu makan dengan penurunan ringan berat badan dan samar-samar, ketidaknyamanan ringan di perut bagian atas atau kadang-kadang di daerah tengah-back (pankreas diposisikan di belakang perut langsung di atas tulang belakang). Karena ada begitu banyak penjelasan lain untuk spektrum ini gejala, tanda-tanda awal kanker pankreas sering diabaikan.

Namun, seperti kanker berlangsung, hal itu menyebabkan gejala semakin lebih terlihat, seperti penyakit kuning kuning (seringkali dengan sedikit atau tidak ada rasa sakit yang terkait), yang berasal dari obstruksi saluran utama yang mengalir empedu hati ini. Sebagai tumor terus tumbuh, masalah pencernaan lain seperti kembung atau mual dari obstruksi lambung juga umum.

Meskipun kanker pankreas adalah sulit dideteksi dengan pemeriksaan fisik di tahap awal, ketegasan kadang-kadang dirasakan di perut bagian tengah atas di akhir perjalanan penyakit ketika telah biasanya menyebar.

Tanda-tanda dan gejala dapat membingungkan untuk tidak hanya pasien tetapi juga untuk penyedia layanan kesehatan karena mereka berbeda-beda tergantung di mana tumor berada di pankreas (kepala, badan atau ekor). Ketika mereka muncul, mereka dapat termasuk:

Nyeri di perut bagian atas atau belakang - adalah gejala umum dari kanker pankreas dan dapat memperburuk ketika berbaring atau 3 sampai 4 jam setelah makan.

Penyakit kuning - adalah suatu kondisi yang ditandai dengan menguningnya kulit dan mata dan urin gelap. Hal ini terjadi ketika tingkat peningkatan bilirubin dalam darah. Hal ini dapat terjadi ketika tumor sepenuhnya atau sebagian menghalangi saluran empedu, memperlambat aliran empedu.

Kehilangan nafsu makan - adalah gejala dari ratusan penyakit dan kondisi, termasuk kanker pankreas. Itu bisa menandakan sesuatu yang parah atau bahkan berhubungan dengan sesuatu yang kecil sebagai virus perut. Ketika gejala tidak jelas seperti ini, tes medis yang diperlukan untuk membuat diagnosis yang akurat.

Berat badan - penurunan berat badan yang tidak diinginkan adalah gejala umum dari kanker pankreas dan salah satu yang biasanya salah satu gejala pertama yang dialami bersama dengan sakit perut.

Diabetes akhir dalam hidup - kanker pankreas dapat menghambat kemampuan pankreas untuk memproduksi insulin, yang mengakibatkan diabetes. Penting untuk dicatat bahwa kebanyakan orang mengembangkan diabetes karena alasan yang tidak terkait dengan kanker pankreas.

Sembelit dan / atau diare - Diare terjadi ketika nutrisi dalam makanan tidak diserap dengan baik. Ketika ini terjadi, tinja dapat menjadi longgar, berair, berminyak dan berbau busuk. Sembelit adalah masalah umum, terutama pada pasien yang memakai obat nyeri. Obat-obat ini memperlambat perjalanan makanan melalui usus.

Mual dan muntah - adalah gejala yang samar-samar lain kanker pankreas yang umum di antara banyak kondisi lain.

Perubahan Stool Warna  - tinja menjadi pucat dan tanah liat berwarna. Hal ini sering disebabkan oleh saluran empedu diblokir. Kotoran juga dapat memiliki aneh, bau yang kuat atau mengapung jika mereka memiliki kandungan lemak yang terlalu tinggi.

Secara keseluruhan kulit gatal - adalah gejala kurang umum dan gejala yang samar-samar, tetapi ketika digabungkan dengan gejala lain seperti sakit perut atau sakit kuning, itu bisa menjadi signifikan dalam membuat lebih akurat, diagnosis tepat waktu.

nyeri gangguan pencernaan seperti kembung dan

Gejala-gejala ini tidak yakin tanda-tanda kanker pankreas namun telah dikaitkan dengan diagnosis. Siapapun dengan gejala-gejala ini harus ke dokter sehingga dokter dapat mendiagnosa dan mengobati masalah sedini mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar