Jumat, 09 Juni 2017

Hindari makanan yang Menyebabkan Perut Kembung

Obat maag di Apotik - Masalah lambung adalah sesuatu yang sering kita alami, baik itu pada bayi yang baru lahir ataupun pada orang dewasa. Ada banyak makanan yang dapat menyebabkan masalah lambung. Bahkan, kebiasaan makan yang tidak tepat seperti menelan udara saat mengunyah dapat menyebabkan masalah lambung. Beberapa jenis makanan juga ditengarai dapat memicu gas ketika dikonsumsi selama kehamilan. Tak jarang, sebagian ibu yang menyusui menderita masalah lambung karena makanan ini. Berikut adalah 10 makanan yang bikin perut kembung saat hamil, seperti dilansir Boldsky.

1. Apel 

Meskipun apel efektif dalam meningkatkan kesehatan pencernaan, buah ini juga mengandung pektin (karbohidrat) yang dapat memicu gas.

2. Kubis 

Bagi kebanyakan wanita hamil, kubis merupakan salah satu makanan pemicu gas. Sayuran ini juga dianggap sebagai sayuran dapat memperlambat pencernaan dan juga menyebabkan rasa mulas.

3. Kacang 

Kacang juga dianggap sebagai makanan penghasil gas karena mengandung raffinose. Namun, kacang-kacangan adalah makanan yang sehat dan bergizi sehingga, wanita hamil disarankan untuk mencoba mengonsumsinya dalam jumlah terbatas. Rendam kacang selama 8 jam dan cuci secara menyeluruh untuk mengurangi gas.

4. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng sangat sulit untuk dicerna. Itulah sebabnya makanan yang digoreng dan berlemak, seperti daging atau kentang goreng, harus dihindari terutama selama kehamilan untuk menghindari masalah lambung.

5. Lobak 

Untuk kebanyakan wanita hamil, lobak dapat memicu gas yang berbau. Selain lobak, bawang dan paprika hijau juga menyebabkan kembung dan gas selama kehamilan.

6. Minuman ringan 

Minuman berkarbonasi, seperti minuman dingin, menyebabkan kembung dan masalah lambung. Udara yang tidak diinginkan dapat memasuki saluran pencernaan sehingga memicu masalah lambung.

7. Kentang 

Kentang dipenuhi dengan pati. Hal ini dapat memperlambat pencernaan dan membuat bakteri dalam usus (usus besar) memecah makanan yang tercerna sehingga menyebabkan gas.

8. Keju 

Ibu hamil harus menghindari keju. Ini tidak hanya menyebabkan gas tetapi juga mengandung bakteri yang bisa berbahaya bagi janin. 

9. Jagung 

Sangat sedikit orang yang dapat mencerna biji jagung dengan mudah. Mengonsumsi jagung juga dapat menyebabkan perut kembung atau nyeri perut.

10. Mentimun 

Mentimun adalah sayuran yang kaya akan air yang juga dapat menyebabkan gas. Mentimun juga menyebabkan kita sering bersendawa. Wanita hamil harus menghindari makan ketimun, jika makanan itu menyebabkan masalah lambung.

Inilah makanan yang dapat memicu gas dalam perut saat kehamilan. Akibatnya, perut jadi terasa mulas dan kembung. Sebaiknya, hindari makanan ini ketika Anda hamil.  cara mengobati infeksi saluran cerna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar